Wisata Ke Bali Pada Era New Normal

RECENT POST



Objek Wisata : Pura Jati, Kintamani-bali.
Photo by : @riskidarmawan_ (Instagram).

Hai Indonesia !!
Berwisata ke Pulau Bali tak akan sama lagi seperti sebelumnya setelah Pemerintah tetapkan Era New Normal sebagai respon menghadapi pandemi Covid-19. Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan wisata, di mana aturan itu telah disiapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali. Kemungkinan besar salah satunya yaitu pengunjung pulau Bali diharuskan mengisi formulir khusus untuk mendapatkan QR Code atau izin singgah di Pulau Dewata. Para pengunjung akan diminta mengisi data diri seperti alamat tinggal dan foto diri seperti layaknya persyaratan saat membuat Paspor atau Visa, ditambah lagi keterangan kesehatan seperti rapid/SWAB test yang dikeluarkan oleh institusi resmi.

Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa menyatakan "Kita minta seluruh industri agar menyusun SOPnya seperti physical distancing, masker, hand sanitizer, disinfektan, rambu-rambu, atau audio visual, dan lain sebagainya," ujarnya. Jadi Pemda Bali akan menerapkan sejumlah protokol kesehatan New Normal dan akan berkoordinasi dengan seluruh industri pariwisata di Bali agar masing-masing menyusun Standar Operasional Prosedural (SOP) berdasarkan standar kesehatan Covid-19.


Photo By : @BHotel_Bali (Instagram).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandioo dalam telekonferensi yang diadakan Indonesia Tourism Forum (ITF), Jumat (15/5/2020) menggatakan Bali mempunyai penanganan yang baik. Jadi kami akan kerjasama dengan Pemerintah Bali dan saya rasa Bali sangat strategis di poin ini,". Lanjutnya "Kami akan diskusikan tentang implementasinya seperti apa. Bagaimana kita melakukan simulasi, bagaimana kita melakukan sosialisasi, bagaimana kita melakukan percobaan dan mengetesnya".
...
...